Thursday, January 21, 2016

Tips Aman Melalui Jalur Lintas Sumatera

Sumber foto: www.cybermap.co.id
Peta Sumatera



Beberapa tips bagi anda yang akan melewati atau melintasi Jalan Lintas Sumatera:
  • Persiapkan kondisi kendaraan
Persiapan utama sebelum berangkat adalah anda harus memeriksa dengan baik kondisi kendaraan anda untuk memastikan semuanya dalam kondisi yang prima. Perjalanan ke Sumatera memiliki kondisi yang beragam, seperti jalur yang meliuk-liuk, menanjak, menurun, berlubang, dan sebagainya. Pastikan semua mesin, kaki-kaki dan rem dalam kendaraan siap untuk bepergian dalam jarak jauh.

  • Tidak lupa membawa cadangan
Sebaiknya anda membawa ban cadangan.. Juga alat lainnya yang mungkin akan berguna. Karena di sana jarak antara satu kampung dengan kampung lainnya berjauhan, ada baikknya pengemudi mengerti sedikit tentang mesin jika mengalami ganguan kecil.

  • Siapkan kondisi fisik
Ini penting, terutama buat pengemudi. Perjalanan jauh kemana pun anda harus dalam kondisi yang prima. Tidak mengkonsumsi alkohol saat mau berkendara. Upayakan, anda memiliki pengganti saat menyupir. Jika ada yang hafal tentang kondisi jalan lintas sumatera akan lebih baik.

  • Hindari perjalanan di malam hari
Ini sangat penting. Perjalanan malam membutuhkan kewaspadaan yang sangat tinggi karena gelap. Dan pada malam hari pengemudi akan cenderung mengantung sehingga membahayakan perjalanan.
Selain itu, menikmati perjalanan di jalur lintas sumatera siang hari juga lebih menyenangkan. Pemandangan yang masih alami tentu menjadi hiburan tersendiri, bukan?

  • Bawa Makanan
Siapkan makanan-makanan yang dapat dimakan sewaktu-waktu untuk menghindari kelaparan saat di jalan. Berhubung jarak kampung termasuk jauh dan belum tentu ada warung-warung yang tersedia. Ada baiknya menyiapkan makanan dari awal. Persiapan makanan ini diperlukan jika anda merasa lapar sebelum mencapai rest area atau restoran  dalam perjalanan lintas sumatera anda.


  • Mengatur kecepatan
Kondisi jalan di Lintas Sumatera tidak mudah diprediksi. Karena belum ada jalan tol yang akan lalui kecuali saat memasuki kota Medan, jalan yang ada hanya jalan biasa. Banyak ditemukan lubang mungkin di tengah-tengah jalanan yang sudah diaspal. Badan jalan banyak yang tidak memiliki batas jalan sehingga berdampingan langsung dengan jurang. Tak jarang terjadi tanah yang longsor. Selain itu, kondisi di beberapa daerah yang berkelok-kelok, menanjak, dan sebagainya membuat pengemudi harus ekstra hati-hati dalam melajukan kendaraan anda. Tetap tenang dan sabar. Jika ragu untuk menyalip, sebaiknya tidak memaksakan.

  Sumatera segera akan dibangun jalan tol Lintas Sumatera yang akan menghubungkan dari ujung Aceh ke ujung Lampung.
  • Ikut Konvoi kendaraan
Disarankan, jika melewati tempat yang sepi atau saat mulai gelap, anda bisa menunggu kendaraan lain yang ingin melintas. Sabar saja, ini sering dilakukan orang-oramg yang melintas di Jalur Lintas Sumatera ini. Konvoi kendaraan bisa meminimalisir tindak kejahatan yang ingin dilakukan oknum-oknum tertentu.

  • Isi bensin selagi bisa
Jika menemukan pom bensin, anda jangan sia-siakan. Ingat, jarak satu dan lainnya jauh jadi anda harus mengisi bensin selagi bisa. Apalagi belakangan ini kadangkala pom bensin kehabisan persediaan bahan bakar. Semoga info di atas bermanfaat.


Lihat juga 7 tips Mudik di Lintas Sumatera.



Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai

No comments