Thursday, February 25, 2016

Pelabuhan Belawan

Pelabuhan Belawan adalah salah satu pelabuhan terpenting di antara pelabuhan di Pulau Sumatera, lokasinya berada di kota Medan, Sumatera Utara. Pelabuhan Belawan adalah termasuk dalam golongan pelabuhan dengan tingkat kelas utama yang bernaung di bawah PT. Pelabuhan Indonesia I. Koordinat geografisnya adalah 03°47′LU 98°42′BT (03ยบ 47’ 00” LU dan 98” 42” BT).

Pelabuhan di Medan
Pelabuhan Belawan


Awal terbentuknya Pelabuhan Belawan adalah Labuhan Deli. Labuhan Deli dulunya merupakan pusat pemerintahan Kerajaan Deli yang tersohor di kawasan Sumatera Timur dimana lokasinya berada di tepi Sungai Deli. Namun pada tahun 1915, pelabuhan Labuhan Deli dipindahkan ke Belawan yang terletak di tepi Sungai Belawan karena sungai Deli mengalami pendangkalan dan menghambat kapal masuk alur sungai Deli menuju Labuhan Deli.
Pada saat dibangun oleh Belanda ukurannya panjang 602 meter dan lebar 9-20 meter, digunakan oleh Belanda untuk sandar berbagai jenis kapal, baik kapal kargo maupun kapal penumpang. Pelabuhan ini menjadi pelabuhan terbesar di Hindia-Belanda pada tahun 1938. Hingga saat ini lokasi pelabuhan Belawan lama masih berfungsi sebagai kargo terminal umum dan sebagian lagi digunakan sebagai pangkalan TNI Angkatan Laut.
Peningkatan aktivitas Pelabuhan Belawan pemerintah melakukan pengembangan, pada awal tahun 1980, pemerintah mulai melakukan pembangunan terminal peti kemas di Gabion, Belawan yang didanai oleh Bank Dunia hingga menjadi terminal peti kemas Belawan mulai beroperasi pada tanggal 10 Februari 1985.
Kapasitas pelabuhan Belawan semakin ditingkatkan oleh pemerintah sehingga pada awal tahun 2013, Pelabuhan Belawan siap melayani arus bongkar muat peti kemas hingga 1,2 juta twenty-foot equivalent units (TEUs) per tahun dan akan ditingkatkan terus secara bertahap hingga mencapai 2 juta TEUs per tahun.

Pelabuhan Belawan ini melayani pelayaran dalam negeri dan luar negeri dan menjadi salah satu pintu gerbang perdagangan yang terpenting di Indonesia bagian barat.


Lokasi Pelabuhan Belawan


Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai

No comments